Peresmian Pasar Desa di Garut

Peresmian Pasar Desa di Garut

Peresmian Pasar Desa di Garut

Pemerintah Kabupaten Garut kembali menunjukkan bukti keberpihakannya kepada ekonomi kerakyatan yaitu dengan membangun tiga pasar desa di tiga kecamatan, yaitu Pasar Desa Pasir Wangi di Kecamatan Pasir Wangi, Pasar Desa Negla Sari di Kecamatan Kadungora dan Pasar Desa Ciwangi di Kecamatan Bulubur Limbangan.

Ketiga Pasar Desa tersebut diresmikan penggunaanya oleh Bupati Garut pada Senin, 21 Januari 2019 dan dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Jawa Barat, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kota Garut dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) Kabupaten Garut.

DPW APPSI Jawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris DPW APPSI Jawa Barat, H. Nandang Sudrajat turut memberikan sambutan dan menegaskan bahwa tidak banyak kepala pemerintahan daerah yang secara konkrit dalam menjalankan kebijakannya berpihak kepada kepentingan ekonomi kerakyatan khususnya pedagang pasar.  Dengan melakukan revitalisasi pasar rakyat menggunakan dana anggaran daerah dirasakan amat sangat membantu para pedagang karena pedagang tidak terbebani harga kios namun banyak juga revitalisasi pasar dengan sistem Build, Operate and Transfer (BOT) dengan mengajak investor yang pada akhirnya memberatkan pedagang karena terbebani harga kios yang sangat mahal.

Selain itu, Sekretaris DPW APPSI Jawa Barat juga berpesan kepada para pedagang agar sarana bersama yang telah dibangun bagus harus dipelajari dan dikelola dengan baik, sehat dan tertib. Pedagang harus merubah cara pola pikir dari kebiasaan kotor menjadi kebiasaan bersih, tertib sehingga pasar terasa nyaman dan enak untuk dikunjuni.

Bupati Garut juga mengemukakan kelanjutan rencana untuk membangun pasar-pasar lainnya dengan dana daerah, antara lain pada tahun ini akan dibangun Pasar Leles, Pasar Cikajang dan Pasar Besar Ciawitali Garut.

Tulisan Berdasarkan Laporan Asal :

Nandang Sudrajat  – Sekretaris  DPW APPSI Jawa Barat

Nandang

Berita Terkait :

https://www.radartasikmalaya.com/akan-lanjutkan-revitalisasi-pasar/

http://rri.co.id/post/berita/386325/daerah/pemkab_garut_revitalisasi_sejumlah_pasar_desa.html

http://pedagangpasar.org/2017/10/appsi-mewakili-pedagang-pasar-dalam-rapat-koordinasi-pengembangan-pasar-tradisional-pemerintah-provinsi-jawa-timur/

http://garut-express.com/revitalisasi-lima-pasar-di-garut-bupati-nilainya-rp-28-rp-36-miliar/

https://www.antaranews.com/berita/672430/pasar-tradisional-didorong-menjadi-destinasi-wisata

http://pedagangpasar.org/2018/01/penilaian-sni-sempurna-untuk-pasar-percontohan-appsi-di-imogiri-diy/