DPW APPSI Jawa Barat Mengikuti Lokakarya BAPPEDA Jabar

DPW APPSI Jawa Barat Mengikuti Lokakarya BAPPEDA Jabar

DPW APPSI Jawa Barat Mengikuti Lokakarya BAPPEDA Jabar

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Jawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris DPW APPSI Jawa Barat, H. Nandang Sudrajat hadir memenuhi undangan lokakarya dengan tajuk Smart Agriculture pada hari Rabu, 28 Nopember 2018, diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Jawa Barat, berlangsung di Hotel Sany Rosa, Bandung. (Undangan nomor: 005/4361/Ek)

Lokakarya diikuti oleh pelaku usaha dan organisasi profesi bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan, di mana pelaku usaha tersebut hadir mewakili masing-masing komunitas industri hulu – hilir.

Dalam kesempatan tersebut, DPW APPSI JABAR memberikan masukan tentang rencana pembentukan cluster-cluster pertanian yang harus disiapkan secara matang berbasis data akurat, meliputi jenis komoditas yang akan dikembangkan, perilaku petani sebagai aktor industri, guna menghindari kegagalan sebagaimana program-program sebelumnya yang hanya sebatas membuat program tanpa  memasukkan berbagai aspek yang mempengaruhinya. Hal ini berarti, sebelum meluncurkan program cluster Smart Agriculture sebaiknya mempelajari program-program sebelumnya yang menyebabkan kurang optimalnya pencapaian dan target.

Berangkat dari pembelajaran yang pernah dialami, maka seharusnya ada evaluasi terlebih dahulu, dengan cara melakukan evaluasi,  indentifikasi dan deskripsi apa yang menjadi penyebab kurang optimalnya program sebelumnya. Perlu diketahui program yang hampir sama seperti program integral yang dilaksanakan oleh Gapoktan, dan Sarjana Masuk Desa yang merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian dengan cara memberikan/membagikan sapi. Program-program tersebut telah mengeluarkan dana yang tidak kecil, mencapai milyaran hingga trilyunan rupiah.

BAPPEDA Jawa Barat menyampaikan bahwa evaluasi atas program-program sebelumnya telah dilakukan dan ada di Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat.

Tulisan Berdasarkan Laporan Asal :
Nandang Sudrajat  – Sekretaris  DPW APPSI Jawa Barat

Nandang

 

Berita Terkait :

https://nasional.kompas.com/read/2017/01/31/15192581/menristekdikti.akan.programkan.sarjana.masuk.desa.

https://republika.co.id/berita/ekonomi/desa-bangkit/18/09/19/pfah1y368-smart-farming-40-masa-depan-pertanian-indonesia

http://pedagangpasar.org/2018/05/appsi-mewakili-pedagang-pasar-menghadiri-fgd-bappeda-jawa-barat/

https://www.liputan6.com/news/read/3654493/kementan-luncurkan-revolusi-industri-40-di-bidang-pertanian

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3859573/kredit-perdana-program-hulu-hilir-pertanian-sasar-78-petani-jombang