Aliansi Untuk Potensial Perbaikan Rantai Pasokan Produk Perikanan

aliansi potensial perbaikan rantai pasokan perikanan

aliansi potensial perbaikan rantai pasokan perikanan

Diundang dalam acara Innovation Challenge Paska Panen Produk Perikanan yang diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Oktober 2018, bertempat di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bekerjasama dengan The Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mencatat beberapa hal penting.

Kegiatan ini bertujuan membangun sebuah aliansi untuk memberikan dukungan teknis, keuangan, dan kebijakan kepada stakeholder  dalam sistem pangan, baik dari pemerintah, sektor swasta dan konsumen, khususnya pada produk hasil tangkapan perikanan.

Menurut data, setiap tahunnya 125,000 ton ikan rusak per tahunnya dalam rantai pasokan ikan dipasar lokal. Ini setara dengan Rp 3.25 trilyun hilang pertahun atau setara dengan kehilangan protein untuk 4.4 juta anak perhari.

Target dari aliansi yang sedang dibangun ini adalah:

  1. Memperbaiki pasokan makanan yang bergizi dan aman dengan mengurangi tingkat kerusakan pasca panen ikan segar di pasar lokal.
  2. Meningkatkan akses teknologi dan praktek penanganan pasca panen yang lebih baik serta pembiayaan inovatif untuk mengurangi tingkat kerusakan pasca panen ikan.
  3. Meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan yang ada di semua rantai pasokan guna mengurangi tingkat kerusakan pasca panen produk perikanan.

APPSI diharapkan dapat mengambil peranan penting dalam perbaikan rantai pasokan produk perikanan, seperti:

  1. Display ikan higienis untuk penjual sisi jalan/grosir/pasar ikan.
  2. Menggunakan cool box berinsulasi untuk pedagang keliling.

Tulisan Berdasarkan Laporan Asal :
M Maulana – Sekretaris Jenderal DPP APPSI

 

Untuk artikel terbaru APPSI, bisa dilihat:
http://pedagangpasar.org/category/artikel/

Untuk berita mengenai APPSI, bisa dilihat:
http://pedagangpasar.org/category/berita-appsi/