APPSI Melakukan Pendampingan Kepada Pedagang Korban Kebakaran Pasar Gede Bage Bandung

1korban-kebakaran-pasar-gede-bage-bandung
1korban-kebakaran-pasar-gede-bage-bandung

Sumber Foto: Jabarekspres.com

Musibah kebakaran kembali terjadi pada Sabtu malam tanggal 14 Juli 2018, menimpa kios pedagang Pasar Gede Bage Kota Bandung, yang menghanguskan 170 kios pedagang. (Sumber: https://regional.kompas.com/read/2018/07/15/06592551/ratusan-kios-di-pasar-gedebage-ludes-terbakar)

Berdasarkan pengalaman dari kejadian terdahulu, pedagang pasar korban kebakaran, akan makin tersisihkan posisinya, manakala saat pembangunan kembali paska musibah kebakaran.  Tidak jarang pasca pembangunan kembali, pedagang pasar asal banyak yang tidak memperoleh kembali kiosnya, baik dengan alasan karena kemahalan, maupun berbagai faktor lainnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut terjadi terhadap pedagang Pasar Gede Bage, maka Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPW APPSI) Jawa Barat, melalui Sekretaris DPW, H. Nandang Sudrajat melakukan koordinasi dengan Ketua Komisariat APPSI Pasar Gede Bage, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi yang sifatnya bias merugikan pedagang pasar Gede Bage.

Dalam kunjungannya, DPW APPSI Jawa Barat, memberikan arahan kepada pedagang pasar Gede Bage perihal langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh, termasuk diantaranya untuk segera melakukan pembicaraan dengan pihak pengembang  pasar, agar segera dilakukan pembangunan kembali pasar yang terbakar dengan melibatkan peran serta elemen pedagang pasar khususnya Komisariat APPSI Pasar Gede Bage.

Dalam kesempatan itu juga, DPW APPSI Jawa Barat menegaskan siap melakukan  pendampingan dan advokasi apabila memang diperlukan, sebagaimana yang telah dilakukan terhadap pasar-pasar lainnya yang pernah terbakar, contohnya Pasar Andir Kota Bandung.

DPW APPSI Jawa Barat berpesan dalam menghadapi musibah pedagang harus tawaqal dan bersatu, agar jangan mau dipecah belah oleh kepentingan di luar pedagang pasar yang biasa terjadi pada proses pembangunan pasar paska musibah kebakaran lainnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI melalui Sekretaris Jenderal, M. Maulana menyambut baik inisiatif dan mendukung aksi DPW APPSI Jawa Barat yang akan memberikan pendampingan kepada korban kebakaran Pasar Gede Bage melalui Komisariat APPSI Pasar Gede Bage. DPP APPSI siap untuk melakukan koordinasi di tingkat pusat dengan kementerian tekait dan juga di tingkat daerah melalui Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum APPSI. (Baca: http://pedagangpasar.org/2017/12/peresmian-lembaga-kajian-dan-bantuan-hukum-appsi-kantor-perwakilan-cirebon/)

2korban-kebakaran-pasar-gede-bage-bandung

Kunjungan Sekretaris Jenderal, Kabid OKK, Kabid Satgad Badar dan Wakil Bendahara DPP APPSI ke Pasar Cikajang, Garut.

DPP APPSI mencatat bahwa kebakaran pasar tradisional sudah terlalu sering terjadi dan harus menjadi perhatian khusus berbagai pihak yang terkait. DPP APPSI terus memberikan perhatian khusus pada setiap kejadian kebakaran di seluruh Indonesia. Contohhya untuk Jawa Barat, pada November 2015, DPP APPSI melakukan kunjungan dan koordinasi langsung dengan Komisariat APPSI Pasar Cikajang Garut, paska musibah kebakaran yang menimpa pasar tersebut.

Tulisan Diolah Berdasarkan Laporan Asal :
H. Nandang Sudrajat – Sekretaris DPW APPSI Jawa Barat

Nandang

 

Berita Terkait :

http://pedagangpasar.org/2017/06/appsi-turut-mendampingi-menteri-perdagangan-meninjau-lokasi-kebakaran-pasar-induk-kramat-jati/

http://pedagangpasar.org/2016/03/appsi-turut-membantu-proses-restrukturasi-kredit-kumkm-pedagang-pasar-badung-dan-ubud-bali/

https://metro.sindonews.com/read/1173586/170/sering-terbakar-sandi-minta-pasar-senen-dibangun-secara-profesional-1485202151

https://www.radarcirebon.com/appsi-desak-perumda-pasar-beri-kejelasan-soal-revitalisasi-pasar-kanoman.html

http://www.wartagombong.com/abu-pakaian-dan-kabel-disita-tim-labfor-polda-jateng-dari-lokasi-kebakaran-pasar-gombong/