Sosialisasi Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum APPSI untuk Pedagang Pasar Kramat Jati

sosialisasi-LKBH-APPSI-Kramat-Jati

sosialisasi-LKBH-APPSI-Kramat-Jati

Bertempat di Ruang Rapat Serbaguna Pasar Induk Kramat Jati, pada hari Rabu, 9 Mei 2018, Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKBH) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mengadakan sosialisasi tentang program kerja LKBH APPSI yang  disampaikan langsung oleh Ketua LKBH APPSI, Robby Ferliansyah Asshiddiqie, S.H., M.Sc.

Ketua LKBH APPSI menyampaikan sejarah berdirinya LKBH APPSI beserta visi dan misi dari LKBH APPSI serta kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh LKBH APPSI. Dalam sambutannya, Ketua LKBH APPSI mengatakan bahwa LKBH APPSI adalah satu satu dari 3 Program Pilar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI yang diantaranya, Lembaga Edukasi Pedagang, Lembaga Distribusi Bahan Pokok dan Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum. Meski menjadi lembaga yang paling terakhir didirikan, namun LKBH APPSI merupakan elemen terpenting dalam menggerakkan semangat pedagang pasar untuk bersaing di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini.

Disampaikan pula oleh Ketua LKBH APPSI bahwa pembentukan LKBH APPSI yang dikhususkan bagi pedagang pasar ini dirasa sangat penting untuk mengimbangi persaingan usaha dimana pasar tradisional semakin tersaingi dengan menjamurnya pasar modern. Dengan adanya LKBH APPSI diharapkan dapat memperkuat barisan pedagang pasar dalam menghadapi persaingan usaha dan dapat mengedukasi pedagang untuk taat hukum.  LKBH APPSI didirikan bukan hanya untuk menangani penyelesaian sengketanya saja tetapi juga membantu pedagang sebagai konsultan hukum perdagangan, mengedukasi pedagang mengenai hukum agar pedagang pasar bisa terbuka mata akan hukum dan dapat meningkatkan nilai skala usahanya dalam persaingan di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini serta agar pedagang pasar dapat mencegah terjadinya permasalah hukum dengan mau lebih mengerti apa itu hukum.

Turut hadir Ketua Bidang Organisasi, Kekaderan dan Keanggotaan DPP APPSI, Edi Sayuti dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI DKI Jakarta, Sesfentri dan Ketua Komisariat APPSI Pasar Induk Kramat Jati, Bambang Muchdori pada acara tersebut. Selesai acara sosialisasi dilanjutkan dengan peresmian kantor Komisariat APPSI Pasar Induk Kramat Jati.

sosialisasi-LKBH-APPSI-Kramat-Jati2

Berita Terkait :

http://pedagangpasar.org/2017/12/lahirnya-lembaga-kajian-dan-bantuan-hukum-untuk-pedagang-pasar/

 http://pedagangpasar.org/2017/12/peresmian-lembaga-kajian-dan-bantuan-hukum-appsi-kantor-perwakilan-cirebon/

https://metro.sindonews.com/read/1238011/171/tidak-mengakomodir-pedagang-pasar-appsi-tolak-perda-perpasaran-1504901293

http://kabar24.bisnis.com/read/20170914/16/689998/lkbh-pedagang-pasar-raperda-pasar-jaya-menjurus-diskriminasi