APPSI Mewakili Pedagang Pasar Menghadiri FGD Bappeda Jawa Barat

appsi fgd bappeda jawabarat

appsi fgd bappeda jawabarat

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dengan topik bahasan  “Analisis Kesenjangan Sektor Hulu dan Sektor Hilir “ pada hari Rabu, 9 Mei 2018.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis “general and evaluation ideas or implementating challenges “ sebagai bagian dari analisis kesenjangan antara pelaku hilir dan pelaku hulu sektor pertanian dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada pelaku hulu dan hilir sektor pertanian yang akhirnya hasil identifikasi akan menjadi data penunjang dalam menentukan model Smart Agriculture di Jawa Barat.

APPSI mewakili pelaku hilir, khususnya pedagang pasar hadir dalam FGD dan turut memberikan masukan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP APPSI.

APPSI mendukung pandangan BAPPEDA Provinsi Jawa Barat bahwa perlu adanya perhatian untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai potret petani Indonesia, merubah pola pikir petani bahwa bertani dan meningkatkan hasil pertanian tidak harus menggunakan pupuk kimia produksi perusahaan, serta membangun sikap mental kemandirian sebagai keseharian dalam bertani. Penerapan “smart agriculture“ tidak hanya terbatas pada budidaya yang dilakukan oleh petani tetapi dapat diterapkan pada sepanjang rantai pasok pertanian dari hulu sampai ke hilir dan diharapkan mampu mengatasi berbagai persoalan pertanian serta mampu menarik generasi muda untuk terlibat aktif dalam pembangunan pertanian di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

BERITA TERKAIT:

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/03/28/p6auzp284-ipb-mulai-kembangkan-pertanian-cerdas

https://www.ekon.go.id/berita/view/pemerintah-petakan-reformasi.3248.html

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2513564/pembenahan-sektor-pertanian-harus-dari-hulu-ke-hilir

http://m.tabloidsinartani.com/index.php?id=148&tx_ttnews%5Btt_news%5D=3594&cHash=7690a0fd85ee51b289dee71434b25f0b