APPSI Maluku Utara Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan bersama Bank Indonesia

1appsi-maluku-utara-bersama-BI

1appsi-maluku-utara-bersama-BI

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) mengadakan kerja sama dalam rangka peningkatan kapasitas pedagang pasar anggota APPSI. Pelatihan kali ini diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Ternate dengan Dewan Pimpinan Daerah APPSI Kota Ternate dengan mengambil tema “Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan Keuangan Kepada Pedagang Pasar – Anggota DPW APPSI Maluku Utara”.

Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan keuangan dan meningkatkan kewirausahaan bagi para pedagang yang berada di pasar-pasar tradisional. Karena saat ini pasar-pasar modern sudah mulai bermunculan, sehingga pedagang pasar harus mampu dan siap bersaing mengelola usahanya dengan baik.

Keberhasilan suatu usaha sangat dipengaruhi oleh cara manajemen mengelola keuangan antara lain dalam hal menyusun arus kas, membuat rencana keuangan serta budaya menabung. Dengan pengetahuan pengelolaan keuangan yang cukup, baik pengelolaan pendapatan maupun pola belanja maka diharapkan dapat menunjang keberhasilan usaha tersebut.

Dijelaskan pula oleh Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, bahwa saat ini BI telah membuat aplikasi pembukuan sederhana yang dapat digunakan di HP Android, yakni APIK (Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan) yang dapat digunakan oleh pedagang pasar karena programnya yang sederhana dan simple sehingga mempermudah pedagang pasar dalam pencatatan keuangan.

2appsi-maluku-utara-bersama-BI

Dengan diselenggarakannya pelatihan ini, diharapkan pedagang pasar di Maluku Utara dapat terpacu untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, sehingga kapasitas usaha dapat dikembangkan lebih jauh dan berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara pelatihan ini, Sekretaris Jenderal DPP APPSI, Muhammad Maulana dan Kepala Bidang Organisasi, Kekaderan dan Keanggotaan (OKK), Edi Sayuti dan Ketua DPW APPSI Maluku Utara, Boy Fataha Andreas.

Berita Terkait :

http://pedagangpasar.org/2016/05/kolaborasi-appsi-dan-bank-indonesia-membuahkan-pelatihan-untuk-pedagang-pasar/

http://www.radarcirebon.com/bank-indonesia-dorong-masyarakat-belanja-di-pasar-tradisional.html

http://pedagangpasar.org/2018/01/kerjasama-dpd-appsi-kota-cirebon-dengan-bank-indonesia/

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/774618-appsi-kolaborasi-dengan-bi-gelar-pelatihan-pedagang-pasar

http://pedagangpasar.org/2018/03/dpw-appsi-maluku-utara-bersilaturahmi-ke-dpp-appsi/

http://pedagangpasar.org/2017/10/meningkatkan-derajat-pedagang-pasar-appsi-gelar-program-paket-c/