Rapat Koordinasi Kebutuhan Barang Pokok Jelang Puasa dan Lebaran 2018

rakor-jelang-puasa-dan-lebaran-2018

rakor-jelang-puasa-dan-lebaran-2018

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita membuka sekaligus memberikan arahan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Stabilisasi Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran 2018 yang berlangsung di Bandung, Jumat, 23 Maret 2018.  Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) hadir dalam Rapat Koordinasi ini mewakili unsur pedagang pasar. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI diwakili oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Provinsi Jawa Barat, Nandang Sudrajat.

Dalam arahannya, Menteri Perdagangan menegaskan bahwa menjelang Puasa dan Lebaran 2018, Kementerian Perdagangan mengantisipasi potensi kenaikan permintaan barang kebutuhan pokok yang dapat berpengaruh terhadap harga melalui sinergi dengan Pemerintah Daerah dan pelaku usaha.  Dengan demikian, diharapkan stok barang kebutuhan pokok cukup dan harga stabil sehingga dapat menjaga tingkat inflasi.

Kementerian Perdagangan  juga menghimbau kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk berperan secara aktif dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di wilayah masing-masing, khususnya menjelang Puasa dan Lebaran 2018/1439H dengan turun langsung ke lapangan dan juga akan melakukan penetrasi pasar menjelang Puasa serta menjelang Lebaran. Penetrasi ke pasar rakyat dan ritel modern untuk penguatan regulasi mengawal kelancaran pasokan bahan pokok ke pasar pantauan.

Pemantauan dan pengawasan juga akan dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Satgas Pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Rapat Koordinasi selain melibatkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadis Indag) Provinsi dan pelaku usaha, turut pula mengundang para Bupati/Walikota dan Kadis Indag Kabupaten/Kota.

Tulisan Berdasarkan Laporan Asal :
Nandang Sudrajat  – Sekretaris  DPW APPSI Jawa Barat

Nandang

 

Berita Terkait :

http://pedagangpasar.org/2017/05/appsi-jabar-apresiasi-langkah-kemendag-terkait-diterapkanya-het-minyak-daging-dan-gula-pasir/

https://kumparan.com/kemendag/jelang-puasa-dan-lebaran-2018-kemendag-gelar-rakornas-bapok-di-bandung-1522033213934

https://jabar.antaranews.com/berita/69237/empat-strategi-kemendag-hadapi-puasa

https://bisnis.tempo.co/read/1072720/cara-menteri-enggartiasto-jamin-harga-stabil-jelang-ramadan