APPSI Mengharapkan Kebijakan Perpajakan yang Adil bagi Pedagang Pasar

appsi-pajak-adil

appsi-pajak-adil

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia menyelenggarakan sebuah diskusi mengenai isu strategis dengan topik “Perubahan Kebijakan Perpajakan Bagi UMKM Melalui Revisi PP 46/2013 Tentang Pajak Penghasilan Bagi UMKM”, pada hari Kamis, 22 Maret 2018.

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal, Muhammad Maulana, beranggapan bahwa pemberlakuan PP 46/2013 telah menuai berbagai macam reaksi dari berbagai pihak terutama pelaku UMKM, khususnya pedagang pasar, karena dirasa sangat memberatkan pedagang pasar. Pengenaan pajak sebesar 1% dari omzet bagi pedagang pasar dengan omzet maksimal Rp 4,8 miliar dalam setahun, sangat memberatkan bagi pedagang pasar.

APPSI menyambut baik usulan Menteri Koperasi dan UKM perihal rencana Revisi PP 46/2013 kepada Menteri Keuangan tentang Pajak Penghasilan Bagi UMKM, khususnya mengenai rencana perubahan klasifikasi dan tarif pajak UMKM dari sebesar 1% menjadi 0.25%.

Program pencatatan transaksi penjualan bagi pedagang pasar sudah pernah dilakukan oleh APPSI dengan berbagai pihak (http://pedagangpasar.org/2016/05/kolaborasi-appsi-dan-bank-indonesia-membuahkan-pelatihan-untuk-pedagang-pasar/). APPSI selain rencana penurunan tarif pajak bagi pedagang pasar, meminta dua hal. Pertama, Pemerintah diharapkan menentukan standarisasi pencatatan transaksi penjualan bagi UMKM, khususnya untuk pedagang pasar, yang nantinya bisa disosialisasikan kepada pedagang pasar secara intensif ke seluruh Indonesia. Kedua, diberlakukannya sebuat insentif bagi para pedagang pasar, khususnya anggota APPSI, yang sudah melakukan pembayaran pajak penghasilan.

Berita Terkait :

https://www.kompasiana.com/prabukresna/59ad82e75e13730641647db3/perlukah-revisi-tarif-pph-final-1-pp-46-tahun-2013

http://ekonomi.metrotvnews.com/makro/aNrVO31N-turunkan-tarif-pph-umkm-sri-mulyani-usulkan-revisi-pp-46

http://pedagangpasar.org/2016/05/kolaborasi-appsi-dan-bank-indonesia-membuahkan-pelatihan-untuk-pedagang-pasar/