Penilaian SNI Sempurna untuk Pasar Percontohan APPSI di Imogiri DIY

Penilaian SNI Sempurna untuk Pasar Percontohan APPSI di Imogiri DIY

Penilaian SNI Sempurna untuk Pasar Percontohan APPSI di Imogiri DIY

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Pembayun bersilaturahmi dan bertemu dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI, Sandiaga Uno bertempat di GOR Ciracas pada Rabu, 24 Januari 2018. Ketua DPW APPSI DIY menyampaikan perihal kegiatan-kegiatan yang menyangkut peningkatan sarana dan prasarana yang telah dilakukan oleh DPW APPSI DIY di Pasar Imogiri dalam upaya dan perjuangannya menuju pasar rakyat ber-SNI dengan peraihan nilai 100.

Ketua Umum APPSI, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi kepada DPW APPSI DIY, dan khususnya seluruh pengurus Komisariat APPSI Pasar Imogiri yang sudah bekerja keras untuk meraih penilaian SNI sempurna tersebut.

Ketua Komisariat APPSI Pasar Imogiri, Dharmanto bersama dengan Lurah Pasar Imogiri, Suharsono yang hadir mendampingi Ketua DPW APPSI DIY menyampaikan bahwa sejak kunjungan Ketua Umum DPP APPSI ke Pasar Imogiri pada awal 2016 (http://pedagangpasar.org/2016/02/ketua-umum-dpp-appsi-meninjau-lokasi-sekolah-pintar-appsi/) dan kerjasama DPP APPSI dengan Universitas Gajah Mada (https://www.ugm.ac.id/id/berita/11236-psek.ugm.dan.appsi.kerja.sama.majukan.pasar.tradisional) lalu ditindaklanjuti dengan beberapa kali kunjungan Sekretaris Jenderal DPP APPSI langsung ke Pasar Imogiri, pengurus Komisariat APPSI Pasar Imogiri beserta segenap jajaran pengelola pasar, terus berbenah dan bekerjasama untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasana Pasar Imogiri.

Pasar Percontohan APPSI

Perwakilan Kementerian Perdagangan yang turut hadir dalam pertemuan ini menyebutkan bahwa Pasar Imogiri ini selalu melakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang jauh lebih baik dari waktu ke waktu sehingga amat layak jika Pasar Imogiri ini mendapat predikat SNI dengan nilai sempurna. Dimulai dari penilaian terhadap fasilitas persyaratan umum, persyaratan teknis, persyaratan pengelolaan sampai tahapan akhir proses SNI yaitu audit penilaian untuk mendapatkan sertifikasi pasar rakyat berstandar SNI, Pasar Imogiri dinilai telah berhasil lolos dalam tahap akhir proses SNI dan berhak mendapatkan sertifikasi predikat pasar rakyat berstandar SNI dengan nilai 100.

Ketua Umum DPP APPSI, Sandiaga Uno menambahkan bahwa dengan berhasilnya menyandang pasar rakyat berstandar SNI dengan nilai sempurna tersebut, DPP dan DPW APPSI DIY sudah berencana membuat  prototype   pasar percontohan APPSI untuk bisa menjadi menambah list percontohan pasar tradisional diseluruh Indonesia.

Hadir dalam pertemuan ini, Wakil Ketua Umum II, Bidang Litbang, Jasa Keuangan, Satgas Badar, Hukum dan HAM, Ngadiran dan  Ketua DPW APPSI DKI, Sesfentri, yang menyampaikan perkembangan pasar tradisional ber-SNI di wilayah DKI Jakarta. Ketua DPW APPSI DKI menyampaikan bahwa keberhasilan DPW APPSI DIY dalam mengembangkan pasar tradisional, akan menjadi catatan dan pelajaran berharga bagi APPSI DPW DKI.

Acara pemberian sertifikat SNI kepada DPW APPSI DIY akan dilaksanakan pada awal bulan Februari 2018 di Jakarta dan akan diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

 

Berita Terkait:

http://pedagangpasar.org/2016/02/ketua-umum-dpp-appsi-meninjau-lokasi-sekolah-pintar-appsi/

http://pedagangpasar.org/2017/08/pasar-percontohan-appsi-akan-menjadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni/

http://www.kemendag.go.id/id/photo/2017/08/04/pendampingan-penerapan-sni-81522015-pasar-rakyat-bantul?id=40122

https://www.gatra.com/ekonomi/perdagangan/278346-kaya-inovasi-pasar-tradisional-imogiri-kejar-sertifikat-sni

http://m.metrotvnews.com/ekonomi/mikro/JKRyLLVk-perlu-komitmen-untuk-penuhi-standar-nasional-indonesia

https://ugm.ac.id/id/berita/11236-psek.ugm.dan.appsi.kerja.sama.majukan.pasar.tradisional

http://pu.bantulkab.go.id/berita/170-pasar-imogiri-memenangi-lomba-pasar-sehat-appsi