Peresmian Lembaga Kajian Dan Bantuan Hukum APPSI Kantor Perwakilan Cirebon

1Peresmian_LKBH_APPSI_Cirebon

1Peresmian_LKBH_APPSI_Cirebon

Oleh : Robby F. Asshiddiqie, S.H., M.Sc. – Ketua LKBH APPSI

Dalam rangka meningkatkan daya saing pedagang pasar, terutama terkait dengan akses pedagang pasar terhadap dunia hukum, Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (DPD APPSI) Kota Cirebon bersama dengan Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKBH) APPSI, pada tanggal 7 Desember 2017, meresmikan Kantor Perwakilan LKBH APPSI Kota Cirebon, di Jl. Sukalila Utara Blok Mambo No. 99, Cirebon, Jawa Barat.

Pendirian Kantor Perwakilan yang dikhususkan bagi pedagang pasar ini dirasa sangat penting untuk mengimbangi persaingan usaha, dimana saat ini di Cirebon, pasar tradisional semakin tersaingi dengan menjamurnya pasar modern. Pasar tradisional adalah tempat kumpulan pengusaha mikro, kecil dan menengah berjualan, sedangkan pasar modern bisa jadi hanya dimiliki oleh satu pengusaha saja. Pasar modern yang berdiri dekat dengan pasar rakyat tentunya mematikan bagi pengusaha mikro yang barang dagangannya sejenis.  Mendirikan pasar modern sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan, tentunya dengan mentaati ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Meskipun sudah ada aturan perundang-undangan yang mengatur zonasi antara pasar rakyat dengan pasar modern, akan tetapi masih saja ada pasar modern yang diberikan izinnya untuk dibangun didekat pasar rakyat.

“Saat ini terdapat lebih dari 5 pasar modern yang dibangun didekat pasar rakyat di Kota Cirebon. Teman-teman pedagang sudah mulai komplain karena berasa omsetnya berkurang” ujar Bapak Agus, Ketua DPD APPSI Kota Cirebon

“Mudah-mudahan dengan adanya Kantor Perwakilan LKBH APPSI di Kota Cirebon, dapat memperkuat barisan pedagang pasar dalam menghadapi persaingan usaha dan dapat mengedukasi pedagang untuk taat hukum” lanjut pak Agus disela-sela acara pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Ketua LKBH APPSI, Robby F. Asshiddiqie, S.H., M.Sc. mengatakan bahwa LKBH APPSI adalah salah satu dari 3 Program Pilar DPP APPSI yang diantaranya, Lembaga Pendidikan Pedagang, Lembaga Distribusi Bahan Pokok dan Lembaga Bantuan Hukum. Meski menjadi lembaga yang paling terakhir didirikan, namun LKBH APPSI merupakan elemen yang kunci terpenting dalam menggerakkan semangat pedagang pasar untuk bersaing di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini.

“Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum didirikan bukan hanya untuk menangani penyelesaian sengketanya saja, tapi juga membantu pedagang sebagai konsultan hukum perdagangan, konsultan hukum perusahaan, mengedukasi pedagang mengenai hukum, supaya pedagang pasar bisa terbuka mata akan hukum dan dapat meningkatkan nilai skala usahanya dalam persaingan di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini.  Mudah-mudahan pedagang pasar mau mencegah terjadinya permasalahan hukum dengan mau lebih mengerti apa itu hukum. Ini adalah lembaga yang menurut saya cukup penting yang didirikan oleh DPP APPSI”

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Direktur Utama PD Pasar Berintan Kota Cirebon, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Cirebon, Kepala Cabang Bank Artha Graha Kota Cirebon, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI, Ketua Bidang Organisasi, Kedaerahan dan Keanggotaan (OKK) DPP APPSI dan beberapa Ketua  Komisariat APPSI di Kota Cirebon.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya dari Dirut PD Pasar Berintan Kota Cirebon. “Kami sangat mengapresiasi didirikannya Kantor Perwakilan LKBH APPSI di Kota Cirebon ini, tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat baik dan positif bagi kemajuan pasar tradisional atau pasar rakyat di Kota Cirebon ini. Kami menyambut baik LKBH APPSI ini sebagai mitra kami dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat Kota Cirebon, pada umumnya, dan pedagang pasar tradisional pada khususnya. Kami membuka pintu selebar-lebarnya apabila pada pelaksanaannya LKBH APPSI memerlukan bantuan kami.” jelas Akhyadi, Direktur Utama PD Pasar Berintan Cirebon.

2Peresmian_LKBH_APPSI_Cirebon

Setelah kegiatan peresmian Kantor Perwakilan LKBH APPSI tersebut, rombongan melakukan kunjungan ke kantor PD Pasar Berintan Kota Cirebon dan berdiskusi  langsung dengan Direktur Utama PD Pasar Berintan Cirebon untuk bagaimana lebih meningkatkat kapasitas dan perlindungan untuk pedagang pasar bersama APPSI.

3Peresmian_LKBH_APPSI_Cirebon

Rombongan juga melakukan kunjungan kerja ke beberapa pasar tradisional binaan APPSI di Kota Cirebon, seperti Pasar Pagi, Pasar Gunung Sari, dan juga Pasar Kramat.

Berita Terkait:

http://pedagangpasar.org/2017/12/video-peresmian-lkbh-appsi-cirebon/

http://www.kabar-cirebon.com/2017/02/bpjs-ketenagakerjaan-cirebon-jalin-kerja-sama-dengan-appsi/

http://www.radarcirebon.com/appsi-siap-kawal-proses-revitalisasi-pasar-kanoman.html

http://pedagangpasar.org/2017/09/bank-indonesia-gandeng-appsi-cirebon-dalam-kampanye-ayo-belanja-di-pasar-rakyat/

https://www.youtube.com/watch?v=CXmt3YaWQv0