LKBH APPSI Meminta KPPU Mendorong Kompetisi dalam Persaingan Usaha Komoditas Pangan

1LKBH_APPSI_KPPU

1LKBH_APPSI_KPPU

Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKBH) APPSI mewakili pedagang pasar dalam Seminar on Competition in Food Commodities yang diselenggarakan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia pada Kamis, 30 November 2017.

Dalam upaya penegakan Undang-undang Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, KPPU telah berkomitmen untuk memfokuskan kegiatan pengawasannya pada sektor pangan, sebagai salah satu sektor strategis dan sejalan dengan upaya Pemerintah untuk menciptakan ketahanan pangan. Pengawasan dilakukan untuk mencegah terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang pada akhirnya dapat merugikan kepentingan umum. Pengawasan sektor pangan dilakukan KPPU melalui upaya pencegahan dan penegakan hukum agar iklim persaingan dunia usaha selaras dengan prinsip persaingan usaha yang sehat.

KPPU bersama Japan International Cooperation Agency (JICA), Japan Fair Trade Commission (JFTC), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), dan InterCafe Institute Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan kerjasama dalam penyusunan Kajian Sektor Pangan (Market Study on Food Sector in Indonesia). Kajian sektor pangan dilakukan terhadap 6 (enam) bahan kebutuhan pokok, yaitu beras, sapi dan daging sapi, gula, garam, cabai dan bawang merah. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan paparan yang jelas dan komprehensif terkait sektor pangan dan jalur distribusinya serta permasalahan dalam setiap jalur agar kedepannya dapat dilakukan perbaikan yang tepat terkait permasalahan di sektor tersebut.

Tulisan Berdasarkan Laporan Asal:

Rian Hidayat – Wakil Ketua Umum Bidang Kajian, Riset dan Penelitian Hukum
LKBH APPSI

2LKBH_APPSI_KPPU

 

BERITA TERKAIT:

https://en.antaranews.com/news/110222/president-asks-kppu-to-watch-competition-in-food-business

http://bisnis.liputan6.com/read/3037966/kppu-kumpulkan-para-pelaku-industri-beras-ini-hasilnya

http://industri.kontan.co.id/news/kppu-gandeng-9-asosiasi-monitoring-pangan

http://pedagangpasar.org/2017/07/kppu-meminta-rekomendasi-dan-masukan-appsi-sebagai-wakil-dari-pedagang-pasar/