APPSI Turut dalam Penyusunan Standar Pelayanan Masyarakat pada Pasar Rakyat KLHK

appsi_klhk

appsi_klhk

Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik (KLHK) Indonesia menyelenggarakan rapat pembahasan Standar Pelayanan Masyarakat pada Fasilitas Publik (SPM-FP) pada Pasar Rakyat pada hari Senin, 11 Desember 2017 yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Standardisasi Pengelolaan, Yeri Permata Sari, S.Hut, MT, MSc.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.90/MENLHK/SETJEN/SET.1/11/2016 tentang Standar Pelayanan Masyarakat Pada Pos-Pos Fasilitas Publik dan dalam rangka mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, dilakukanlah penyusunan standar tersebut yang bertujuan untuk menyediakan standar bagi pengelola fasilitas publik dengan materi subtansi pengelolaan lingkungan hidup terpadu.

Dengan adanya Permen tersebut diatas, terhadap SPM-FP Pasar Rakyat yang telah disusun pada tahun 2015, perlu dilakukan beberapa penyesuaian kriteria dari fungsi Sustainable Consumption and Production (SCP) dengan komponen generik dan spesifik terhadap (1) standard teknis oleh penyedia/pengelolaan pasar rakyat, (2)Rekomendai perilaku oleh penyedia fasilitas/pengelola pasar rakyat, (3) rekomendasi perilaku oleh pedagang dan (4) rekomendasi perilaku oleh pengunjung/pengguna pasar rakyat.

Pedagang pasar tradisional yang diwakili oleh APPSI, melalui Sekretaris Jenderal APPSI, M. Maulana, dalam pembahasan revisi SPM-FP untuk Pasar Rakyat turut memberikan masukan khususnya terhadap kolaborasi positif yang perlu ditingkatkan antara pengelola, pedagang dan pengunjung pasar sehingga fasilitas publik seperti pasar tradisional menjadi sebuah lokasi pusat ekonomi yang bisa bermanfaat secara optimal bagi masyarakat. Untuk pengelolaan sampah yang termasuk didalamnya pemilahan, pewadahan, pengumpulan dan pengangkutan sampah juga hal lain yang berkaitan dengan food waste dan food loss, Pasar Percontohan APPSI di Imogiri DIY, menjadi salah satu contoh pasar rakyat  yang dibahas dalam pertemuan ini, yang dimana kerjasama sama antara pengelola dan pedagang pasar dibawah naungan APPSI sudah sangat  baik.

Berita Terkait :

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/03/28/onhw82280-klhk-gelar-sayembara-desain-toilet-untuk-pasar-rakyat

http://pedagangpasar.org/2017/08/pasar-percontohan-appsi-akan-menjadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni/

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/08/29/ocnh41335-sampah-pasar-diolah-jadi-pupuk-kompos

http://jogja.tribunnews.com/2014/12/03/bantul-manfaatkan-sampah-pasar-untuk-kompos