Menteri Perdagangan Mengajak APPSI untuk Turut Menjaga Ketersediaan Pasokan Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

1appsi_turut_jaga_pasokan

1appsi_turut_jaga_pasokan

Bertempat di Auditorium Kementerian Perdagangan pada Kamis, 16 November 2017, Menteri Perdagangan memimpin langsung Rapat Koordinasi terkait kesiapan ketersediaan pasokan beras, daging, minyak goreng dan gula di pasar menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

Rapat Koordinasi dilaksanakan secara maraton berdasarkan jenis komoditas, dihadiri pula oleh produsen, distributor, importir dan ritel modern dari masing-masing komoditas. Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mewakili pedagang pasar, hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut.

Menteri Perdagangan menyampaikan jaminan ketersediaan pasokan komoditas pangan seperti gula, beras, daging maupun minyak. Beliau juga menyampaikan penghargaannya kepada semua pihak termasuk APPSI dalam kontribusinya perihal pengendalian harga bahan pokok selama periode Lebaran tahun ini.  Untuk periode akhir tahun 2017, Menteri Perdagangan menyampaikan dua faktor utama yang bisa mengganggu ketersediaan bahan pokok. Pertama adalah faktor cuaca, dan yang kedua adalah faktor peningkatan lalulintas transportasi yang disebabkan oleh meningkatnya wisatawan akhir tahun karena adanya trend bergesernya pola hidup masyarakat dari belanja ke leisure.

2appsi_turut_jaga_pasokan

“Dengan ini saya kumpulkan lagi seluruh pelaku usaha dan juga sekarang dengan asosiasi pasar. Saya sudah tegaskan karena kita sudah bukakan akses pengambilan dengan harga yang sama maka kami minta mereka kendalikan harga. Ini kita bicara per komoditi, kalau ritel modern sudah, distributor juga sudah,” tegas Menteri Perdagangan.

Menteri Perdagangan mengatakan bahwa distribusi sebagian besar komoditas sudah dilakukan dengan baik, namun dihimbau agar stok untuk  semua jenis komoditas tersebut sudah harus ada di daerah mulai awal Desember 2017 karena beberapa pertimbangan yang mungkin akan menimbulkan hambatan-hambatan dalam pendistribusian seperti  misalnya hambatan transportasi, faktor cuaca serta aksi spekulasi dan kompetisi antar pedagang.  Menteri Perdagangan juga menyampaikan rencana skema kredit baru untuk pedagang pasar dalam mengakses bahan pokok pangan. Direktur Utama Bulog yang turut mendampingi Menteri Perdagangan menambahkan bahwa saat ini stok beras dan gula menjelang Natal dan Tahun Baru dalam keadaan aman.

Pedagang pasar yang diwakili oleh M Maulana sebagai Sekretaris Jenderal DPP APPSI, meminta kepada Menteri Perdagangan untuk bisa memberikan acuan teknis lapangan untuk akses komoditas bahan pokok dan juga akses kepada kredit usaha untuk pedagang pasar. APPSI, menambahkan dan meminta kepada Kementerian untuk memberikan akses dan fasilitas yang sama antara pasar modern dan pasar tradisional, khususnya dalam hal akses bahan pokok untuk pedagang pasar tradisional.

Untuk bahan pokok seperti daging, Menteri Perdagangan memastikan harga daging beku tidak lebih dari Rp. 80.000,-  per kilogram, karena stoknya mencukupi dan tidak ada lagi kelangkaan komoditas tersebut. Beliau juga menjamin daging beku itu memiliki kualitas baik dan lebih higienis, meski sebagian besar masyarakat masih lebih memilih daging segar dengan alasan rasa yang lebih terjaga. Mengenai minyak goreng, Menteri Perdagangan minta pedagang pasar mulai lebih banyak menjual minyak goreng dalam kemasan sederhana yang mencantumkan HET Rp 11,000 per liter.  Secara tegas, Kementerian Perdagangan akan memantau dan turun langsung  bersama Satgas Pangan, untuk mengendalikan harga bahan pokok dan tidak akan ragu untuk melakukan operasi pasar di lingkungan pasar tradisional jika diperlukan.

Link terkait :

https://economy.okezone.com/read/2017/11/16/320/1815476/rapat-6-jam-jelang-natal-dan-tahun-baru-mendag-stok-bahan-pokok-aman

http://industri.bisnis.com/read/20171116/12/709812/jelang-natal-tahun-baru-kemendag-panggil-pengusaha-bahan-pokok

http://pedagangpasar.org/2017/09/bappenas-appsi-pola-distribusi-bahan-makanan-adalah-sumber-inflasi-yang-dominan/

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3367796/jamin-harga-pangan-jelang-natal-dan-tahun-baru-stabil-mendag-saya-cek-langsung

http://pedagangpasar.org/2017/03/appsi-mewakili-pedagang-pasar-dalam-pembahasan-interkementrian-kartel-cabai/