Kemendag Mendorong Program Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga

appsi_perlindungan_konsumen

appsi_perlindungan_konsumen

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI mewakili pedagang pasar dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kegiatan Perdagangan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, pada Selasa, 31 Oktober 2017.

Direktur Impor selaku Plt. Direktur Tertib Niaga Veri Anggriono Sutiarto, SE., M.Si bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Ir. Frida Adiati, M.Sc. memimpin Rakor  yang berlangsung di ruang Auditorium Kementerian Perdagangan.

Fakta dilapangan masih ditemukan banyak pelanggaran terhadap regulasi baik yang disengaja maupun tidak, seperti pelanggaran terkait perizinan impor dan pelanggaran distribusi. Beberapa pelanggaran yang telah ditindak yaitu antara lain pencabutan ijin produk holtikultura, penghentian supply gula kristal rafinasi bagi industri makanan dan minuman. Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan  saat ini tengah menyiapkan peningkatan pengawasan kegiatan di bidang perdagangan kepada para pelaku usaha sebagai upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Rapat koordinasi bertujuan untuk dapat lebih memahami mengenai kebijakan/peraturan di bidang perdagangan, terutama dengan telah terbitnya Undang-Undang No 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga dalam hal menjalankan tugas dan fungsinya tidak hanya mengawal UU nomor 7 tahun 2014, namun juga UU nomor 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal, UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan UU Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Adapun pelaksanaan pengawasan kegiatan perdagangan dilaksanakan oleh Petugas Pengawas Tertib Niaga (PPTN) dan penegakan hukum dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perdagangan.