APPSI Mendorong DEN Realisasi Subsidi TTL untuk Pasar Tradisional

1appsi_dorong_realisasi_subsidi_ttl

1appsi_dorong_realisasi_subsidi_ttl

Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan rapat pembahasan finalisasi Tarif Dasar Listrik (TDL) untuk pasar tradisional pada hari Rabu, 8 November 2017. Dengan kondisi rill saat ini yang ada dimana TDL untuk pasar tradisional sama tarifnya dengan TDL pasar modern dan bahkan juga dengan TDL hotel bintang lima, maka hal ini menjadikan beban berat bagi para  pengelola dan pedagang pasar tradisional.

Penggunaan listrik di pasar tradisional ditujukan untuk kegiatan produksi dan usaha masyarakat kecil dengan modal usaha kecil. Namun dengan tingginya skema TDL seperti sekarang ini dan kondisi pedagang pasar tradisonal, akhirnya banyak pasar dan pedagang pasar tradisional yang kurang bisa bersaing.

Seiring dengan program pemerintah yang memindahkan subsidi dari masyarakat konsumtif ke produktif, maka dilakukanlah program pencabutan subsidi 18,9 juta pelanggan 900va untuk rumah tangga, sehingga diperkirakan adanya penghematan sebesar Rp. 22 triliun per tahun. Dengan penghematan tersebut hendaknya subsidi dapat dialokasikan untuk para pedagang pasar tradisional dan pemerintah dapat segera menentukan TDL untuk pasar tradisional sesuai dengan apa yang sudah diamanatkan dalam Undang-undang No. 30 tahun 2007 tentang Energi dan Undang-undang No. 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan .

Rapat  bertujuan untuk pembahasan akhir menyangkut TDL untuk pasar tradisional dengan meminta masukan dari berbagai pihak seperti APPSI dan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO), untuk mendukung sepenuhnya program subsidi TDL pasar tradisional agar dapat segera direalisasikan.

2appsi_dorong_realisasi_subsidi_ttl

Pedagang pasar tradisional yang diwakili oleh APPSI, melalui Sekretaris Jenderal, M Maulana, menyambut baik inisiatif DEN untuk memperjuangkan subsidi listrik bagi pasar tradisional. M Maulana mengungkapkan harus adanya perbedaan perlakuan antara pasar tradisional dan pasar modern. Penerapan TDL yang dikenakan di setiap pasar tradisional pada saat ini berbeda-beda, tergantung negosiasi dan daerah pasar tradisional.  Sekjend APPSI juga berharap selain program subsidi listrik, perlu adanya peningkatan infrastruktur instalasi listrik di setiap pasar tradisional yang dibarengi dengan pembinaan dan penyuluhan penggunaan listrik kepada pedagang pasar tradisional.