Meningkatkan Derajat Pedagang Pasar, APPSI Gelar Program Paket C

APPSI gelar program paket c

APPSI gelar program paket c

Guna meningkatkan kualitas dan menaikkan derajat pedagang pasar tradisional, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) melalui salah satu pilar dari tiga pilar APPSI, yaitu Lembaga Edukasi Pedagang APPSI, menyelenggarakan Program Kejar Paket C untuk para pedagang pasar tradisional dan keluarganya.

Pembukaan Program Kejar Paket C untuk pedagang pasar ini diresmikan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APPSI, Sandiaga Uno. Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP APPSI menyampaikan bahwa APPSI ingin meningkatkan kapasitas para pedagang pasar agar mereka dapat meningkatkan serta menaikkan tarafnya. Didalam kesempatan ini Ketua Umum DPP APPSI juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang sudah turut serta mendukung Program Kejar Paket C untuk pedagang pasar dan keluarganya ini.

Program Lembaga Edukasi Pedagang APPSI yang bekerjasama dengan sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini diharapkan dapat menjadi pilot project yang bisa diikuti oleh Dewan Pengurus Wilayah APPSI lainnya.

Ketua Umum DPP APPSI juga berharap dengan mengikuti program Kejar Paket C ini dapat memberikan dan menambah pengetahuan bagi para pedagang pasar tradisional baik di bidang hukum, manajemen, maupun keuangan. Dengan demikian para pedagang pasar ini dapat meningkatkan kelas dari usaha mereka dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Disampaikan pula oleh Ketua Umum DPP APPSI bahwa keberpihakan terhadap pasar tradisional ini dilakukan karena APPSI tidak ingin harga bahan pokok terus merangkak naik dan memberatkan masyarakat menengah ke bawah. Ketua Umum DPP APPSI juga berharap APPSI dapat membuktikan bahwa dengan kegiatan kolaborasi seperti ini, para pedagang pasar akan dapat naik kelas karena potensi kerakyatan ada pada pasar tradisional.

Sementara itu salah satu peserta, anak dari seorang pedagang sembako di pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan, yang hanya dapat lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP) ditahun 2014 dengan alasan hambatan biaya. Dengan ikut dalam program Kejar Paket C ini mengaku sangat senang sekali karena dapat melanjutkan pendidikannya dan dapat menambah pengetahuan serta dapat dijadikan bekal untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Berita Terkait:

UGM dan APPSI Kerja Sama Majukan Pasar Tradisional
https://ugm.ac.id/id/berita/11236-psek.ugm.dan.appsi.kerja.sama.majukan.pasar.tradisional

Pasar Percontohan APPSI Akan Menjadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI
http://pedagangpasar.org/2017/08/pasar-percontohan-appsi-akan-menjadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni/

Meningkatkan Derajat Pedagang Pasar, APPSI Gelar Program Paket C
https://metro.sindonews.com/read/1247471/171/meningkatkan-derajat-pedagang-pasar-appsi-gelar-program-paket-c-1507720822

Pasar Imogiri Memenangi Lomba Pasar Sehat APPSI
http://pu.bantulkab.go.id/berita/170-pasar-imogiri-memenangi-lomba-pasar-sehat-appsi

Ketua Umum DPP APPSI Meninjau Lokasi Sekolah Pintar APPSI
http://pedagangpasar.org/2016/02/ketua-umum-dpp-appsi-meninjau-lokasi-sekolah-pintar-appsi/