APPSI Mewakili Pedagang Pasar dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Pasar Tradisional Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Ketua DPW APPSI Jawa Timur, H. Ahmad Zaini, MA (duduk nomor 2 dari kanan) sebagai salah satu
narasumber pada Rapat Koordinasi Pengembangan Pasar Tradisional di Jawa Timur tahun 2017
Ketua DPW APPSI Jawa Timur, H. Ahmad Zaini, MA (duduk nomor 2 dari kanan) sebagai salah satu narasumber pada Rapat Koordinasi Pengembangan Pasar Tradisional di Jawa Timur tahun 2017

Ketua DPW APPSI Jawa Timur, H. Ahmad Zaini, MA (duduk nomor 2 dari kanan) sebagai salah satu
narasumber pada Rapat Koordinasi Pengembangan Pasar Tradisional di Jawa Timur tahun 2017

Dalam perkembangannya, keberadaan dan eksistensi pasar tradisional telah mengalami beberapa tantangan seperti persaingan dengan retail modern yang lebih agresif dalam melakukan penetrasi pasar. Hal tersebut berakibat nyata terhadap melemahnya daya saing para pedagang pasar tradisional yang berujung pada sepinya kegiatan jual beli di pasar-pasar tradisional. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh pemerintah sehingga dari beberapa kajian yang ada, pemerintah telah merekomendasikan perlunya revitalisasi terhadap pasar tradisional tersebut, seperti dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 37/M-DAG/PER/5/2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan yang menurut rencana akan diberlakukan diseluruh Indonesia pada akhir tahun 2017. Dalam kaitan tersebut, Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tema “Menjadikan Pasar Tradisional Sebagai Basic Kekuatan Perdagangan di Jawa Timur “ pada hari Selasa, 17 Oktober 2017.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Jawa Timur, yang diwakili oleh Ketua DPW APPSI Jawa Timur, H. Ahmad Zaini, MA hadir sebagai salahsatu narasumber pada Rakor tersebut. APPSI melalui Bapak Zaini meminta pemerintah daerah Jawa Timur agar pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional tidak hanya secara fisik, namun pemerintah daerah juga harus melakukan pembenahan dari sisi manajemen pengelola pasar dan pedagang pasar. Untuk pedagang pasar, peningkatan kapasitas khususnya seperti pengetahuan manajemen stok, manajemen keuangan dan tata letak barang sangat diperlukan. Selain itu, Ketua DPW APPSI Jawa Timur mengungkapkan bahwa diperlukan perhatian pemerintah khususnya dalam hal akses kepada komoditi dan distribusi bahan pokok pangan agar pedagang pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern.

Sasaran dari kegiatan Rakor ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan pembinaan bagi beberapa lembaga terkait seperti pembina dan pengelola pasar tradisional serta pemangku kepentingan terkait lainnya di Provinsi Jawa Timur dalam rangka pengembangan pasar tradisional di Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Selain itu maksud diadakannya rapat koordinasi ini untuk memberikan pemahaman yang utuh terhadap pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 37/M-DAG/PER/5/2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan.

Selanjutnya tujuan yang hendak dicapai dengan pelaksanaan kegiatan Rakor tersebut adalah pertama untuk memetakan potensi permasalahan yang timbul pasca pemberlakuan Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor : 37/M-DAG/PER/5/2017. Kedua untuk memperoleh rekomendasi dan solusi sederhana, mudah dan terukur serta mudah direalisasikan oleh pengelola pasar tradisional di Jawa Timur. Ketiga untuk meningkatkan koordinasi, sinkronisasi program antara lembaga terkait khususnya dalam hal pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan. Keempat sebagai rekomendasi kebijakan pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang pedoman pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan di Jawa Timur.

BERITA TERKAIT:

http://bisnis.liputan6.com/read/2864314/kemendag-bangun-dan-revitalisasi-1003-pasar-tradisional-di-2017

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3585196/pasar-imogiri-diajukan-jadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni

http://pedagangpasar.org/2017/08/pasar-percontohan-appsi-akan-menjadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni/

http://pedagangpasar.org/2016/12/appsi-jawa-timur-mendukung-program-pengolahan-sampah-pasar/

http://ksp.go.id/revitalisasi-pasar-tradisional-perbaikan-fisik-dan-manajemen/index.html

http://pedagangpasar.org/2017/05/pertemuan-appsi-staf-presiden/

http://www.viva.co.id/berita/bisnis/774618-appsi-kolaborasi-dengan-bi-gelar-pelatihan-pedagang-pasar