Bank Indonesia Gandeng APPSI Cirebon Dalam Kampanye Ayo Belanja di Pasar Rakyat

bi_gandeng_appsi_cirebon

bi_gandeng_appsi_cirebon

Pada Bulan Agustus 2017, Bank Indonesia bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APPSI Kota Cirebon mengadakan  kampanye “Ayo …! Belanja di Pasar Rakyat “.  Pencanangan kampanye ini dimaksudkan untuk lebih melestarikan pasar tradisional.  Pasar tradisional mempunyai peranan penting dalam struktur perekonomian masyarakat Indonesia. Selain sebagai pusat perekonomian untuk para pedagang kecil, pasar tradisional juga sangat penting dalam pelestarian kearifan masyarakat lokal dan sebagai indikator stabilitas pangan dan sebagai gantungan hidup puluhan juta pelaku ekonomi kecil terkait, sehingga menempati posisi strategis sebagai salah satu pilar penopang ketahanan dan stabilitas ekonomi nasional.

2bi_gandeng_appsi_cirebon

Menurut Ketua DPD APPSI Kota Cirebon, Agus Saputra, “Sebagai tahap awal, terdapat empat pasar di wilayah Kota Cirebon yang mengikuti kampanye ini, yaitu Pasar Kramat, Pasar Jagasatru, Pasar Perumnas dan Pasar Pagi. Keempat pasar ini, berkerjasama dengan Bank Indonesia, akan dilombakan pada bulan Oktober 2017 sebagai percontohon pasar di Jawa Barat pada umumnya dan Kota Cirebon, pada khususnya. Empat pasar ini adalah sebuah tahap awal yang dimana pada tahun depan akan diperbanyak jumlah pasar yang diikutsertakan dalam kampanye tersebut.”

3bi_gandeng_appsi_cirebon

Kegiatan program  “Ayo …! Belanja di Pasar Rakyat “ telah dilaporkan oleh DPD APPSI Cirebon kepada Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) APPSI, Muhammad Maulana pada saat kunjungan ke Kantor DPD APPSI Cirebon dan Pasar Pagi Cirebon pada hari Sabtu, 2 September 2017. Sekretaris Jenderal DPW APPSI menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan DPD APPSI Kota Cirebon. Sekretaris Jenderal DPP APPSI berharap Bank Indonesia sebagai mitra kerja APPSI agar bisa terus berkolaborasi positif dengan Pengurus APPSI di seluruh Indonesia dan inisiatif ini bisa menjadi contoh yang baik untuk memajukan pedagang pasar sebagai ujung tombak ekonomi kerakyatan.

 

Berita Terkait:

http://www.viva.co.id/berita/bisnis/774618-appsi-kolaborasi-dengan-bi-gelar-pelatihan-pedagang-pasar

http://pedagangpasar.org/2017/08/pasar-percontohan-appsi-akan-menjadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni/

http://pedagangpasar.org/2017/07/direktur-bank-indonesia-berkunjung-ke-dpp-appsi/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*