Pasar Percontohan APPSI Akan Menjadi Pasar Pertama di DIY Berstandar SNI

Pasar Percontohan APPSI

Pasar Percontohan APPSI

Pasar tradisional percontohan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Pasar Imogiri  yang berada di Kabupaten Bantul, Propinsi DIY akan menjadi pasar pertama di propinsi tersebut yang berstandar SNI.

Dewan Pimpinan Pusat APPSI, menyambut baik kesempatan tersebut. APPSI beranggapan bahwa peningkatan pasar tradisional sangat penting dalam pemberdayaan ekonomi rakyat. Tidak hanya sebagai lokasi jual beli, pasar tradisional seperti pasar tradisional percontohan APPSI ini memiliki fungsi lain seperti etalase, karakter, ruang publik, potensi wisata dan kuliner, sampai penyerap tenaga kerja bagi suatu daerah.

Menurut Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan, Chandrini Mestika Dewi sewaktu melakukan kunjungan pada hari Kamis (3/8/2017), “Pasar Imogiri ini adalah satu-satunya pasar (tradisional) di DIY yang akan diaudit untuk mendapatkan SNI.”  (https://news.detik.com/jawatengah/3585196/pasar-imogiri-diajukan-jadi-pasar-pertama-di-diy-berstandar-sni)

 

piagam pasar

Pasar tradisional Imogiri sudah beberapa tahun terakhir ini selalu unggul dalam Kegiatan lomba pasar yang dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Wilayah APPSI DIY. Menurut Darmanto, Ketua Komisariat APPSI Pasar Imogiri, “Kemajuan Pasar tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara pemerintah, paguyuban dan pedagang sendiri. Paguyuban Pasar Imogiri sendiri tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI).”

 

Berita Terkait:

https://ugm.ac.id/id/berita/11236-psek.ugm.dan.appsi.kerja.sama.majukan.pasar.tradisional

http://pu.bantulkab.go.id/berita/170-pasar-imogiri-memenangi-lomba-pasar-sehat-appsi

http://pedagangpasar.org/2016/02/ketua-umum-dpp-appsi-meninjau-lokasi-sekolah-pintar-appsi/

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*