KPPU Meminta Rekomendasi dan Masukan APPSI Sebagai Wakil Dari Pedagang Pasar

kppu meminta rekomendasi appsi

kppu meminta rekomendasi appsi

Gejolak kenaikan harga komoditas dan kelangkaan pasokan bahan pangan khususnya beras menjadi dua indikator utama dari terjadinya distorsi di sistem pasar. Pemerintah dalam hal ini, Kementerian Perdagangan baru saja menetapkan harga acuan untuk beras medium dan beras premium yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 47/M-DAG/PER/7/2017. Harga acuan penjualan beras di konsumen dalam Permendag tersebut berlaku juga sebagai harga eceran tertinggi (HET) di tingkat konsumen.

M Maulana selaku Sekretaris Jenderal mewakili Dewan Pimpinan Pusat APPSI hadir dalam Forum Group Discussion (FGD) membahas komoditi beras yang diselenggarakan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada Selasa, 25 Juli 2017.

KPPU saat ini tengah mengkaji secara komprehensif industri beras nasional dan dengan diadakannya FGD ini diharapkan dapat menjawab dinamika industri beras. Hasil FGD ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara jelas hal-hal perberasan nasional terkait dengan peta industri beras, regulasi, neraca produksi, jalur distribusi dan penentuan harga acuan untuk stabilisasi harga.

M Maulana beranggapan, ada dua topik dibahas secara lebih detil. Pertama, bila pemerintah ingin menerapkan HET untuk komoditas beras, perlu adanya standar mutu beras dengan HET. Di pasar sangat banyak macam dan ragam beras, dan tidak mungkin disamaratakan dalam satu HET. Selanjutnya, pedagang akhir di pasar tradisional yang menjual komoditas beras ber HET, harus bisa mendapatkan beras ber HET dengan harga beli dan margin yang mencukupi.

Hadir dalam FGD ini, wakil dari Kementrian Perekonomian, Perum BULOG, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), KADIN dan Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (PERPADI).

 

Berita Terkait

https://finance.detik.com/industri/3207273/cegah-harga-pangan-melambung-kppu-teken-perjanjian-dengan-asosiasi

http://industri.kontan.co.id/news/kppu-gandeng-9-asosiasi-monitoring-pangan

http://www.kppu.go.id/id/blog/2016/05/jelang-ramadhan-dan-idul-fitri-kppu-bersama-9-asosiasi-pelaku-usaha-lahirkan-pakta-integritas-anti-praktik-monopoli-dan-persaingan-usaha-tidak-sehat/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*