APPSI Memperkirakan Rp35 M Berputar di Pedagang Penas-KTNA

penas_ktna_2017_disbudpar_aceh-1

penas_ktna_2017_disbudpar_aceh-1BANDA ACEH – Pekan Nasional-Kontak Tani Nelayan (Penas-KTNA) tahun 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, mulai 6-11 Mei, merupakan peluang bagi perkembangan ekonomi menggembirakan bagi masyarakat Aceh, terutama wilayah terdekat.
“Penas merupakan even yang langka dengan taraf nasional yang mempengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah. Dampak secara langsung akan dirasakan oleh masyarakat sekitar,” ujar Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Aceh, Muzakir kepada dalam siaran pers kemarin di Banda Aceh.

Menurutnya, dampak langsung tersebut juga akan dirasakan oleh para pedagang kaki lima, baik yang menjajakan dagangannya di lokasi acara, maupun yang menjajakan daganganya di pasar-pasar tradisional yang ada di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar dalam radius jarak tempuh yang terjangkau dari lokasi acara.

Dia merasionalkan, dari 35 ribu peserta, dari seluruh Indonesia yang diperkirakan akan menghadiri even yang akan dibuka Presiden Joko Widodo tersebut, mereka akan membelanjakan kebutuhannya per-orang minimal Rp1 juta. Jika dikalikan 35 ribu, maka uang 35 miliar rupiah akan berputar di tengah masyarakat, terutama pedagang pasar.

“35 ribu perserta luar Aceh, itu merupakan jumlah yang luar biasa. Bayangkan jika per individu membelanjakan Rp1 juta, maka Rp35 miliar itu akan berputar di masyarakat dalam waktu yang tidak satu bulan, dan kebutuhan mereka yang paling banyak itu di pasar,” sebut Muzakir.

Oleh sebab Penas merupakan peluang emas bagi pertumbuhan ekonomi. Dia mengimbau agar masyarakat lebih kreatif untuk memamfaatkan peluang tersebut. “Even ini harus kita jadikan sebagai peluang, mari kita mamfaatkan peluang yang telah terbuka semaksimal mungkin,” imbau Muzakir, pengurus organisasi di bawah pimpinan pusat Sandiaga Uno itu.

Sumber : https://www.goaceh.co/berita/baca/2017/05/01/appsi-memperkirakan-rp35-m-berputar-di-pedagang-penasktna

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*