PT. Tiki JNE Menjadi Partner Kerja APPSI dalam Program Pendistribusian Bahan Pokok bagi Anggota APPSI

artikeljne

artikeljne

Pada November 2016, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia, (APPSI) dan PT Tiki JNE melakukan penandatanganan kerjasama dalam hal kemitraan strategis penyediaan pelayanan distribusi bahan kebutuhan pokok bagi pedagang pasar. APPSI diwakili oleh M Maulana selaku Sekretaris Jenderal APPSI sedangkan PT Tiki JNE diwakili oleh Mohamad Feriadi selaku Direktur Utama.

 

Kerjasama ini menjadikan PT Tiki JNE sebagai partner kerja APPSI dalam hal logistik pendistribusian bahan pokok kepada pedagang pasar anggota APPSI di seluruh Indonesia.

 

Ini adalah tindak lanjut dari program pilar ke-3 yang dicetuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat APPSI, dimana pilar ke-3 ini adalah program APPSI dalam membuat sebuah lembaga pusat distribusi bahan kebutuhan pokok untuk para anggotanya. APPSI ingin turut mendukung program pemerintah dalam hal mengoptimalkan jalur distribusi bahan pokok dalam upaya pengendalian harga bahan pokok.

 

Pedagang pasar anggota APPSI nantinya akan terhubung dalam sebuah aplikasi online bernama Sentra Pedagang Pasar yang disingkat Sentra PP, dimana aplikasi tersebut akan memudahkan pedagang pasar untuk memesan produk bahan pokok dari produsen atau distributor besar. Salah satu pihak yang sudah berkolaborasi dalam aplikasi Sentra PP ini adalah Perum BULOG selain beberapa produsen bahan pokok.

 

Implementasi teknologi informasi khususnya penggunaan aplikasi Sentra PP untuk peningkatan kapasitas para pedagang tradisional adalah salah satu tujuan dan program kerja dari APPSI. Dalam aplikasi Sentra PP tersebut para pedagang pasar selain dapat melakukan transaksi e-commerce, juga akan dapat mengakses informasi harga bahan pokok dan informasi lainnya secara “realtime”. Pedagang pasar khususnya pedagang pasar tradisional sangat membutuhkan informasi terkini tersebut, namun sayangnya selama ini para pedagang di pasar tradisional masih tertinggal dalam penggunaan teknologi informasi. Banyak dari pedagang pasar tradisional hanya menggunakan perangkat selularnya untuk telepon, sms atau mengunduh games. Padahal, perangkat selular tersebut dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi hingga berjualan.

 

Jajaran Dewan Pengurus Pusat APPSI baik ditingkat pusat maupun daerah selalu secara aktif menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder yang mendukung visi ekonomi kerakyatan serta meningkatkan harkat dan martabat para pedagang, khususnya para pedagang pasar tradisional.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*