APPSI Jawa Timur Mendukung Program Pengolahan Sampah Pasar

appsi-jatim-0002
appsi-jatim-0001

Wakil Ketua DPW APPSI Jawa Timur, Sekretaris Jenderal DPP APPSI dan Ketua DPW APPSI Jawa Timur berpartisipasi dalam seminar Organic Waste Management di ITS, 1 Desember 2016

Ketua dan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah APPSI Jawa Timur, Bapak Zaini dan Bapak Toga bersama dengan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat APPSI di awal Desember 2016, mengikuti acara diskusi “Organic Waste Management”, bertempat di Insititut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan acara ini diselenggarakan oleh Sekretariat Negara Bidang Ekonomi Swiss.

 

Seminar yang di co-organized oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini menyoroti perihal banyaknya sampah organik di pasar tradisional yang belum dikelola secara optimal. Dibahas pula penyebab tingginya jumlah sampah organik yang masuk ke TPA, mulai dari sampah organik tidak dapat dibakar, sampai issue pengolahan yang kurang menguntungkan, serta apabila dibiarkan di tempat sampah akan menjadi sumber bau dan sumber penyakit.

 

Dalam sebuah program yang diinisasi oleh Swiss State Secretriat for Economic Affairs (SECO) ini, pemerintah Swiss mengajak APPSI berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah pasar.

 

appsi-jatim-0002

Ketua Bidang OKK DPP APPSI dan Ketua DPW APPSI Jawa Timur berdiskusi dengan jajaran Dinas Pasar Kabupaten Sidoarjo di Kantor Pengelola Pasar Taman Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur.

Setelah seminar berlangsung, Ketua Bidang Organisasasi, Kekaderan dan Keanggotaan DPP APPSI, Bapak Edi Sayuti, bersama Ketua DPW APPSI Jawa Timur dan jajarannya mengunjungi Pasar Taman Sepanjang, Sidoarjo untuk meninjau kegiatan pasar dan bertemu langsung dengan Dinas Pasar Kabupaten Sidoarjo.

 

appsi-jatim-0003

Ketua dan Wakil Ketua DPW APPSI Jawa Timur didampingi oleh DPP APPSI, berdiskusi dengan Direktur PT Puspa Agro Abdullah Muchibuddin

Kunjungan tim APPSI berlanjut dari Pasar Taman Sepanjang ke Pasar Induk Modern Puspa Agro. Di kantor Pengelola Pasar Induk Modern Puspa Agro, Ketua dan Wakil Ketua DPW APPSI beserta rombongan DPP APPSI diterima oleh Direktur Utama PT Puspa Agro, Bapak Abdullah Muchibuddin,  dilanjutkan dengan meninjau fasilitas percontohan pengelolaan sampah pasar organik di Pasar Induk Modern Puspo Agro Sidoarjo.

 

appsi-jatim-0004

APPSI mendapat penjelasan langsung mengenai pengelolaan sampah organik dari Eng. Bart Verstappen, koordinator dari Program Swiss State Secretriat for Economic Affairs (SECO)

Saat ini, Pemerintah Swiss memiliki fasilitas percontohan pengelolaan sampah organik di Pasar Induk Modern Puspa Agro Sidoarjo. Dalam fasilitas percontohan ini telah dilakukan pengolahan sampah menjadi kompos dan larva.

 

appsi-jatim-0005

Foto bersama Perwakilan DPP APPSI bersama DPW APPSI Jawa Timur dan ketua tim pengelola sampah organik mendapat penjelasan langsung mengenai pengelolaan sampah organik dari Eng. Bart Verstappen (paling kanan)

Dewan Pimpinan Pusat APPSI bersama dengan Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Timur, bekerjasama dengan tim dari Swiss Secretariat for Economic Affairs  (SECO) akan membuat program percontohan pengelolaan sampah ini menjadi sebuah gerakan dan program nasional. Selain APPSI membantu program pemerintah dalam perihal pengolahan sampah, program pengolahan sampah organik pasar tradisional ini akan banyak dapat memberdayakan dan mensejahterakan pedagang pasar tradisional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*