Stabilitas Harga Menurut APPSI pada Kunjungannya ke Bisnis Indonesia

kunjungan dpp appsi bisnis indonesia 1
kunjungan dpp appsi ke bisnis indonesia

Kunjungan DPP APPSI ke Bisnis Indonesia

Jakarta – Rabu, 15 Juni 2016 lalu, Sandiaga S. Uno, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) didampingi Sekretaris Jenderal dan tim Bidang Informasi, Teknologi, dan Komunikasi APPSI mengunjungi kantor Bisnis Indonesia. Pada kunjungan kali ini, APPSI diterima oleh jajaran redaksi Bisnis Indonesia yakni Bapak Arif Budisusilo selaku Pemimpin Redaksi dan Direktur Pemberitaan, Bapak Ahmad Djauhar selaku Direktur Produksi dan Pengembangan Produk, Bapak Eries Adlin selaku Redaktur Pelaksana, Bapak M. R. Purboyo selaku Redaktur Pelaksana, dan jajaran redaksi Bisnsi Indonesia lainnya. Ketua Umum menyampaikan peranan APPSI dalam pemberdayaan dan perjuangan pedagang pasar yang saat ini mulai tergerus persaingan pasar modern dan kebijakan pemerintah yang kurang berpihak pada pedagang pasar tradisional. Khususnya bulan Ramadhan seperti ini, isu-isu permainan harga yang dilakukan pedagang pasar kerap didengungkan sebagai pihak yang dipersalahkan atas kenaikan harga bahan pangan pokok.

pembahasan kenaikan harga bahan pokok bulan ramadhan

Pembahasan kenaikan harga bahan pangan pokok pada bulan ramadhan

Stabilitas harga di mata APPSI merupakan kesatuan hasil dari berbagai macam faktor produksi dan distribusi bahan pangan pokok yang mana pedagang pasar tradisional hanya bagian akhir peran distributor langsung ke konsumen. Faktor-faktor yang berpengaruh itu antara lain faktor iklim, biaya logistik, dan jasa keuangan. “Semestinya kalau data kita bagus, Indonesia sudah bisa mempersiapkan jauh-jauh hari karena Wall Street Journal sendiri di awal tahun ini sudah memprediksi harga bahan pangan pokok di Indonesia akan naik sekitar 10% akibat adanya El Nino”, kata Ketua Umum APPSI tersebut.

Ketidakefisienan distribusi bahan pangan pokok dalam negeri merupakan masalah yang saat ini perlu segera diselesaikan. Panjangnya rantai distribusi ini menambah biaya yang tidak sedikit sehingga harga yang sampai pada pedagang pasar sudah melambung tinggi. APPSI sendiri memiliki rencana pembentukan Lembaga Distribusi Bahan Pangan yang bisa bermitra dengan pemerintah atau institusi lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk memotong panjangnya rantai distribusi tersebut sehingga harga bisa lebih murah saat sampai di tangan pedagang. Tidak hanya penyelesaian masalah tingginya harga yang sedang menjadi fokus rencana program APPSI, pemberdayaan dan perjuangan pedagang pasar juga dituangkan dalam bentuk program pembentukan Lembaga Bantuan Hukum dan APPSI Institute.

(Sumber: foto & teks Sekretariat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*