Bank Mandiri Bersama APPSI Sosialisasi Akses Permodalan

akses_modal_pedagang_pasar_1
akses_modal_pedagang_pasar_1

Anggota APPSI DKI Jakarta dalam Acara Sosialisasi Akses Permodalan dengan Bank Mandiri

Jakarta – Rabu, 25 Mei 2016 lalu, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) bersama Bank Mandiri telah menyelenggarakan acara sosialisasi mengenai akses permodalan bagi pedagang pasar. Bertempat di APPSI Institute, Kantor DPP APPSI, sosialisasi ini dihadiri lebih dari 30 pedagang pasar. Pedagang pasar yang hadir merupakan perwakilan dari pengurus Dewan Pimpinan Wilayah, Dewan Pimpinan Daerah, sampai level komisariat pasar APPSI DKI Jakarta.

Kendala akses permodalan yang terus-menerus menghambat berkembangnya usaha para pedagang pasar ini memang bukan hal yang baru. Baik pemerintah maupun pihak swasta sudah mulai memberikan kemudahan-kemudahan dalam mengakses sumber permodalan bagi para pengusaha kecil termasuk pedagang pasar. Namun, para pedagang pasar masih banyak yang merasa tahap-tahap proses mengakes modal ini terlalu rumit. Ditambah, rendahnya nilai agunan yang dimiliki pedagang pasar juga menghambat proses perolehan modal.

Sosialisasi akses permodalan dari Bank Mandiri ini merupakan salah satu jawaban untuk pedagang pasar. Pengakses kredit mikro ini sudah menjangkau pedagang kelontong, sayur mayur, ikan segar, ayam potong, daging sapi, buah, bahkan pengusaha bengkel dan rongsokan. Menurut Ibu Yunita Indah, Senior Manager Micro Business Bank Mandiri, “Sudah lebih dari 3600 nasabah kredit mikro Bank Mandiri di wilayah DKI Jakarta dan sebagian besar adalah pedagang.”

akses_modal_pedagang_pasar_2

Ketua DPW APPSI DKI Jakarta, Bapak Harry Mulyono Diskusi Mengenai Kredit Mikro Bank Mandiri dengan Ibu Rika, Manager Cabang Bank Mandiri

Tidak hanya sosialisasi yang dilakukan pada kegiatan kali ini, pedagang pasar pun berdiskusi dengan perwakilan Bank Mandiri untuk membahas lebih tentang pengajuan kredit mikro. Ketua DPW APPSI DKI Jakarta, Bapak Harry Mulyono menyampaikan, “Kegiatan seperti ini sangat baik untuk memfasilitasi pedagang pasar yang kurang mendapatkan informasi lebih mengenai akses modal ke perbankan, kami juga berharap selain kredit mikro yang ditawarkan, bisa menjalin kerja sama dengan pihak perbankan untuk kesejahteraan pedagang pasar kedepannya.” Tak lupa Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat APPSI, Bapak Sandiaga S. Uno turut berpesan, “Sosialisasi ini adalah wujud dari program APPSI untuk mendukung pemberdayaan pedagang pasar. Informasi mengenai akses permodalan tentunya sangat penting bagi upaya berkembangnya pasar tradisional.” (Sumber: foto & teks Sekretariat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*