APPSI dan Bank Indonesia Beri Pelatihan

kolaborasi-appsi-bi-1
kolaborasi-appsi-bi-1

Pembukaan Pelatihan Pencatatan Transaksi Keuangan oleh Ketua DPW APPSI Jawa Timur dan Pimpinan Bank Indonesia

Surabaya – Kamis, 12 Mei 2016 lalu, Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) berkolaborasi dengan Bank Indonesia berhasil mewujudkan kerja sama dalam rangka peningkatan kapasitas pedagang pasar anggota APPSI. Pelatihan kali ini diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dengan Dewan Pimpinan Wilayah APPSI Jawa Timur. Pelatihan pencatatan transaksi keuangan berbasis aplikasi yang bisa digunakan dengan handphone sistem android ini menawarkan kemudahan pedagang pasar dalam mencatat setiap transaksi dan akan berguna sebagai laporan keuangan untuk mengakses sumber permodalan.

Peserta Pelatihan dari Berbagai Daerah

Peserta Pelatihan dari Berbagai Daerah

Peserta pelatihan merupakan pedagang pasar yang berasal dari berbagai daerah, yakni Gresik, Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Sidoarjo. Selain itu, turut hadir para petani binaan Bank Indonesia untuk program cluster dari berbagai daerah di Jawa Timur. Para peserta yang sudah mendapatkan pembekalan ini akan memberikan pelatihan kepada masing-masing anggotanya di daerah masing-masing, Training of Trainers (ToT).

Diskusi Kolaborasi Distribusi Komoditas

Diskusi Kolaborasi Distribusi Komoditas

Pelatihan untuk pedagang pasar ini tidak hanya memberikan skill baru, namun juga untuk memfasilitasi proses perdagangan komoditas dari petani binaan Bank Indonesia di Jawa Timur kepada pedagang anggota APPSI secara langsung. Diharapkan dari pertemuan ini, produk hasil pertanian dari binaan Bank Indonesia di Jawa Timur bisa terdistribusikan dengan efektif dan efisien langsung kepada pedagang melalui kolaborasi dengan APPSI Jawa Timur. Hal ini bisa memutus panjangnya rantai distribusi yang selama ini menjadi salah satu isu faktor tingginya harga komoditas di pasar.

Pesan dari Perwakilan Dewan Pimpinan Pusat APPSI, Wakil Ketua Lembaga Jasa Perdagangan

Pesan dari Perwakilan Dewan Pimpinan Pusat APPSI, Wakil Ketua Lembaga Jasa Perdagangan

Disampaikan oleh Wakil Ketua Lembaga Jasa Perdagangan Dewan Pimpinan Pusat APPSI, Ibu Farah Tamalia, bahwa program pelatihan pedagang bersama Bank Indonesia ini sesuai dengan program 5M Ketua Umum DPP APPSI, Bapak Sandiaga S. Uno, yakni mengawal revitalisasi pasar termasuk pemberdayaan pedagang pasar. Anggota APPSI yang hadir diharapkan mampu menyerap pembekalan dengan baik dan membagikannya kepada anggota di bawahnya. Ketua Umum DPP APPSI juga berpesan, “Program ini saya harap bisa segera diimplementasikan di wilayah lain dan  bisa menjadi program pelatihan nasional hasil kolaborasi APPSI dan Bank Indonesia.” Ketua DPW APPSI Jawa Timur, Bapak Zaini, sangat menyambut baik inisiatif dari DPP APPSI ini dan berharap Bank Indonesia Jawa Timur bisa menyelenggarakan acara seperti ini lagi di Jawa Timur, supaya bisa lebih memberdayakan pedagang pasar di Jawa Timur. (Sumber: foto & teks Sekretariat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*