APPSI: Pedagang Dukung Stabilitas Harga

pedagang-dukung-stabilitas-harga
pedagang-dukung-stabilitas-harga
JAKARTA (HN) – Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) M. Maulana mengatakan, pedagang mendukung upaya pemerintah dalam menstabilkan harga. Langkah pemerintah dinilai sudah tepat. Harga kebutuhan pokok yang mulai merangkak jelang lebaran menyulitkan masyarakat.Menurut Maulana, ketahanan pangan merupakan ketersediaan pangan. Sedangkan, saat ini bahan pangan mengalami gejala kelangkaan dan dibutuhkan pasokan lebih.

“Ketahan pangan itu bukan artinya semua harus berasal dari Indonesia, ketahanan pangan itu ketersediaan pangan sangat setuju dengan impor yang dilakukan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok,” katanya kepada HARIAN NASIONAL di Jakarta, Kamis (26/5).

Maulana mengatakan, impor tidak haram jika ada indikasi kurangnya produksi dalam negeri. Ia khawatir jika tidak dipasok maka bahan kebutuhan pokok akan langka.

Karenanya, Maulana meminta pemerintah melakukan pembenahan produksi jangka panjang. Kendati demikian, harus ada pemenuhan kebutuhan jangan pendek dan menengah.

“Kalau saat ini tidak ada barang, rakyat tidak makan dan pedagang tidak bisa jualan. Indonesia harus berbenah, tapi makan ini juga urusan hari ini. Pedagang juga mau berdagang,” ujarnya.

Salah satu bahan pangan yang sangat mencolok naik adalah daging sapi. Konsumsinya naik atau lebih banyak dari biasanya. Impor daging sapi, bisa dijadikan solusi kenaikan harga saat ini.

“Asalkan jelas kekhalalan dan kesehatannya tidak apa-apa mengimpor daging sapi, karena memang permintaannya meningkat,” katanya.

Reportase : Elvi Robiatul Adawiyah

Editor : Herman Sina
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*